Kamis, 23 Mei 2013

Dinamika teknik Aikido

Karena sifat dinamis Aikido, sebagian ahli mengatakan bahwa tidak ada yang pasti "gaya" atau "teknik" dalam berlatih seni bela diri. Setelah pengembangan Aikido oleh Morihei Ueshiba, yang disebut "O Sensei," banyak siswa terinspirasi untuk berlatih di bawah bimbingan-Nya.

Setelah pelatihan mereka, sang Guru Agung mendorong siswa-siswanya untuk memasang dojo mereka sendiri sehingga mereka dapat menyebarkan ajaran seni bela dirinya. Selain mendorong mereka untuk mendirikan dojo dan berbagi pengetahuan yang ia ajarkan, ia juga mengilhami mereka untuk mengembangkan gaya dan interpretasi mereka sendiri selama teknik ini mematuhi prinsip dasar aikido, "tidak melawan kekerasan dengan kekerasan."

Para pendiri aikido menegaskan prinsip ini berulang-ulang karena teknik aikido, bila diterapkan tanpa peduli, dapat merusak atau membunuh bukannya mengalihkan atau melumpuhkan lawan.

Dengan munculnya berbagai dojo di seluruh dunia, semakin banyak teknik yang lahir. Meskipun perbedaan dalam teknik di berbagai dojo, ada satu set teknik umum di mana hampir semua dojo digunakan. Masing-masing teknik ini dengan hati-hati diajarkan kepada siswa sehingga ia dapat menemukan kekuatan dan kelemahan.

Meskipun sebagian orang mengatakan bahwa tidak boleh ada teknik yang unggul atau lebih rendah, hanya siswa atau individu berlatih itu benar-benar bisa membedakan mana teknik bekerja dengan baik baginya. Berikut adalah daftar dari teknik Aikido yang paling umum dilakukan oleh hampir semua praktisi aikido di dojo hari ini:

1. "Ikkyo". Juga dikenal sebagai "teknik pertama," ikkyo mengacu pada kontrol yang dilakukan hanya menggunakan satu tangan pada siku dan yang lainnya di dekat pergelangan tangan yang memanfaatkan "uke" ke tanah. Teknik ini menggunakan pegangan yang dapat menerapkan tekanan ke saraf ulnaris pada sisi medial lengan seseorang.

2. "Nikyo". Hal ini disebut sebagai "teknik kedua." Nikyo melibatkan penggunaan wristlock adductive yang loop lengan sambil menerapkan tekanan saraf menyakitkan.

3. "Sankyo". Ini juga disebut "teknik ketiga." Sankyo dikenal sebagai "pronating" teknik yang mengarahkan tekanan ke atas-spiral sepanjang lengan orang, siku, dan bahu.

4. "Yonkyo". Juga populer sebagai "Teknik keempat." Sama seperti iikkyo, Yonko juga kontrol bahu tapi dengan mengharuskan penggunaan kedua tangan di mencengkeram lengan bawah. Knuckles-biasanya praktisi dari telapak samping diterapkan untuk saraf radial lawan melawan tulang lengan bawah.

5. "Gokyo". Hal ini mengacu pada varian ikkyo mana tangan yang mencengkeram pergelangan tangan terbalik. Juga dikenal sebagai "teknik kelima," gokyo umum di tanto dan senjata lain kesimpulan.

6. "Shihonage". Di sini, tangan praktisi dilipat kembali melewati bahu dan mengunci sendi bahu. Teknik aikido ini juga disebut "empat arah melempar."

7. "Kotegaeshi". Hal ini populer disebut "pergelangan tangan kembali." Teknik aikido ini adalah ditandai dengan supinating wristlock-lemparan yang membentang ekstensor digitorum orang tersebut.

8. "Kokyunage". Dalam bahasa Inggris, ini diterjemahkan "nafas melempar." Istilah ini diciptakan untuk berbagai jenis mengalir "waktu melempar" dalam durasi setiap sesi aikido.

9. "Iriminage". Bagi praktisi aikido, ini dikenal sebagai "memasuki tubuh melempar" atau melempar mana "nage" bergerak melalui ruang yang ditempati oleh "uke." Hal ini dianggap sebagai bentuk klasik yang menyerupai "jemuran" teknik.

10. "Tenchinage". A.k.a. "surga-dan-bumi melempar." Teknik ini melibatkan "uke" meraih kedua pergelangan tangan dari "nage." Ke depan, Nage menyapu satu rendah tangan ("bumi") dan tinggi lainnya ("surga"), sehingga ia bisa ketidakseimbangan uke.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar